BerandaDaerahMahasiswa KKN STIH di Sidey Pantai Prihatin Anak SD YPK Sion ke...

Mahasiswa KKN STIH di Sidey Pantai Prihatin Anak SD YPK Sion ke Sekolah Tanpa Alas Kaki dan Seragam

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Mahasiswa STIH Manokwari saat ini sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XXXIX tahun akademik 2022-2023 di 9 distrik di wilayah administrasi pemerintah kabupaten Manokwari.

Semenjak dilepas ke lokasi KKN, para mahasiswa terus melakukan berbagai kegiatan baik program fisik maupun non fisik dengan swadaya ataupun berkolaborasi bersama masyarakat dan aparat kampung masing-masing kelompok. Mahasiswa KKN ini tidak hanya melaksanakan program KKN sebagai syarat utama menyelesaikan tugas akhir, namun juga menjalankan pengabdian di tengah masyarakat.

Keberadaan mahasiswa KKN di lingkungan masyarakat juga mendorong kepekaan dan kepedulian sosial mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satu diantaranya dirasakan oleh mahasiswa KKN di Sidey Pantai yang prihatin tentang kondisi siswa di tingkat pendidikan dasar.

Para mahasiswa merasa prihatin terhadap kondisi ruang belajar SD YPK 23 Sion Sidey Pantai, distrik Sidey. Tak hanya bangunan yang kurang memadai, banyak siswa di SD ini masih terkendala seragam dan sepatu. Hal itu dikemukakan oleh salah seorang mahasiswi KKN yang berkesempatan mengajar di SD setempat yaitu Adelce Waega.

Menurut Adelce, meskipun banyak kekurangan yang dialami anak-anak sekolah tersebut seperti seragam yang tidak sesuai dan bahkan banyak siswa yang tidak memakai sepatu, namun semangat belajar mereka justru sangat tinggi.

“Semangat anak-anak ini sangat tinggi untuk terus belajar dengan keadaan yang sederhana di kampung Sidey Pantai. Kami melihat sendiri ada yang tidak pakai sepatu, seragam tidak lengkap namun daya tangkap mereka sangat luar biasa sekali,” kata Adelce, Senin (27/3/2023).

Ia menambahkan, mahasiswa KKN STIH selain membantu guru di SD saat jam belajar, juga melakukan bimbingan belajar dengan anak-anak tersebut pada sore dan malam hari. Menurutnya, anak-anak ini sangat bersemangat datang untuk belajar membaca dan berhitung bersama mahasiswa di posko KKN. (WRP/Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru