BerandaDaerahPemkot Ternate dan Kodim Cek Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar

Pemkot Ternate dan Kodim Cek Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Pemerintah Kota Ternate gandeng Kodim dan dinas terkait yang dihadiri langsung oleh PJ Walikota Ternate Hasyim Daeng Barang dan Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf R. Moch Iskandarmato, S.E. bersama Dinkes dan Disperindag, melakukan operasi pasar. Operasi itu dilakukan di Pasar Higienis, Pasar Ikan Gamalama dan Pasar Bastiong, Kamis ( 22/4).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok setiap kali menghadapi hari-hari besar keagamaan, meski Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sebelumnya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi dengan melaksanakan rapat koordinasi yang melibatkan semua pihak terkait.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini bertujuan untuk monitoring atau melihat ketersediaan maupun perkembangan harga kebutuhan pokok di pasar dalam bulan Ramadhan ini,” kata Dandim 1501/Ternate, Inf R. Moch Iskandarmato, S.E., Kamis (22/4).

Iskandarmanto mengatakan, dari kegiatan tersebut diketahui ada beberapa harga komoditas pangan yang naik. Kenaikan tersebut masih wajar namun perlu mendapat perhatian dari pemerintah untuk pengendaliannya.

Untuk itu, diharapkan jangan sampai ada pedagang yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari keuntungan lebih besar dengan menaikan harga penjualan karena itu sudah merupakan hukum ekonomi.

Iskandarmanto mengampaikan, yang paling penting sekarang yakni bagaimana pemerintah menjamin stok kebutuhan pokok di pasar tetap tersedia dalam jumlah yang memadai agar masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan berbagai kebutuhan selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

“Pemerintah harus menjaga agar stok kebutuhan pokok tidak sampai langka di pasaran. Jangan harganya sudah naik, stoknya juga langka,” ujarnya.

Iskandarmanto melanjutkan, sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan, antara lain telur ayam dari Rp54.000,- naik menjadi Rp60.000,-, daging sapi dari Rp129.000,- naik menjadi Rp130.000,-, dan terigu dari Rp9.000,- naik menjadi Rp10.000,-.

“Sedangkan harga yang lain masih normal. Namun, operasi pasar ini akan terus dilakukan,” tambahnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru