BerandaDaerahMahasiswa Papua Di Ternate Gelar Buka Puasa Bersama

Mahasiswa Papua Di Ternate Gelar Buka Puasa Bersama

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Mahasiswa Asal Papua di Kota Ternate, Maluku Utara, yang tergabung dalam Kampoeng Melanesia Kelurahan Gambesi, Kecamatan Ternate Selatan, Jum’at (16/4), menggelar buka puasa bersama dan membagi menu sahur kepada mahasiswa muslim di Kota Ternate.

Ketua Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Kota Ternate, Ronald, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Asal Papua di Ternate ini merupakan wujud toleransi sebagai anak bangsa dan turut berbahagia atas saudara muslim yang tengah menunaikan ibadah puasa.

“Ini sebagai refleksi akan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di Kota Ternate,” kata Ronald, saat ditemui Jagamelanesia.com, Jum’at (16/4).

Ronald mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas dasar inisiasi Mahasiswa Kristen Papua yang ada di Kota Ternate sebagai bentuk toleransi kepada sesama mahasiswa. Inisiasi ini lahir dari Kampoeng Melanesia Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Ternate dalam bulan suci Ramadhan dengan menggelar buka puasa bersama dan membagi menu sahur dengan Mahasiswa Muslim yang tinggal dikawasan Kampus Unkhair, UMMU dan STIKIP di Kelurahan Gambesi dan Sasa.

Sementara itu, Hendri menyampaikan, Kampoeng Melanesia merupakan himpunan Mahasiswa Asal Papua yang study di Ternate. Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab mahasiswa Papua di Ternate untuk berbagi dengan keluarga besar di Kota Ternate.

“Buka puasa bersama yang dilaksanakan oleh Kampoeng Melanesia merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, kecuali tahun 2020 lalu saat Covid-19 dengan beberapa pertimbangan yang belum dilaksanakan. Namun di puasa tahun ini kami dapat melaksanakan kembali kegiatan yang baik ini,” tuturnya.

Hendri menambahkan, kegiatan ini sebagai media toleransi antar umat beragama yang digagas bersama Kampoeng Melanesia.

“Saya juga mengajak kepada semua warga Kota Ternate yang kebetulan mempunyai rezeki yang lebih agar kiranya bisa berbagi ke sesama. Sebagai informasi, pusat lokasi kami berada di Kampoeng Melanesia Kelurahan Gambesi, Kecamatan Kota Ternate Selatan,” tambahnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru