BerandaDaerahBasarnas Ternate Tempatkan 1 Unit Kapal RB-309 Di Halmahera Selatan

Basarnas Ternate Tempatkan 1 Unit Kapal RB-309 Di Halmahera Selatan

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate menempatkan 1 unit kapal Rescue Boat (RB)-309 untuk mendukung upaya penyelamatan laut di wilayah Halmahera Selatan. Penempatan 1 unit kapal itu diharapkan bisa memberi rasa aman bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut.

“Wilayah Halsel memang memiliki laut luas, namun kondisi tersebut juga menyimpan potensi yang berbahaya, sehingga pengoperasian kapal ini diharapkan bisa mempercepat upaya penyelamatan oleh Unit Siaga SAR Bacan jika nanti terjadi musibah di laut Halmahera Selatan,” kata Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, saat dikonfirmasi tim Jagamelanesia.com, Jum’at (16/4).

Muhammad Arafah menjelaskan, kapal RB-309 Ternate merupakan kapal tipe 3 dengan spesifikasi panjang 28 meter, kapal ini berbahan fiber dengan endurance 41 jam dan daya jelajah 574 nm dengan kecepatan rata-rata 14 Knots.

Muhammad Arafah menambahkan, kapal RB-309 Ternate ini akan memperkuat armada laut Unit Siaga SAR Bacan sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan.

“Kapal RB-309 Ternate dengan 11 orang kru kapal akan diberangkatkan dari Ternate menuju Bacan pada Jumat 16 April 2021 dan akan di standby-kan di Dermaga Panamboang Bacan,” tambahnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru