BerandaDaerahJelang PSU, Polres Halut Gelar Deklarasi Damai "Siap Menang Siap Kalah"

Jelang PSU, Polres Halut Gelar Deklarasi Damai “Siap Menang Siap Kalah”

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Polres Halmahera Utara menggelar Deklarasi Damai “Siap Menang Siap Kalah” yang berpusat di gedung Amarta Polres Halut, Kamis (15/4).

Kapolres Halmahera Utara, AKBP Priyo Santoso, menyampaikan, dalam pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) diharapkan dapat berjalan dengan damai. Pihak keamanan bekerja sama dengan pemerintah untuk menentukan langkah-langkah demi terwujudnya kesuksesan dalam PSU Kabupaten Halmahera Utara, diantaranya dengan membuat posko di empat titik untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta pada tanggal 28 April 2021 nanti, disetiap TPS akan ada 11 Personel Keamanan yang dibantu oleh Linmas, dan ada juga pasukan yang standby serta melaksanakan patroli di daerah-daerah yang melaksanakan PSU guna menciptakan kondisi wilayah yang aman dan damai.

“Untuk distribusi kotak suara akan dilakukan pengawalan oleh Personel Polri sehingga kotak suara bisa sampai dengan aman dan baik,” kata Kapolres Halut, AKBP Priyo Santoso, kepada tim Jagamelanesia.com, Kamis (15/4).

Setelah arahan dari Kapolres Halmahera Utara, AKBP Priyo Santoso, kegiatan ini dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Damai oleh para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta penandatanganan Naskah Deklarasi baik oleh para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati maupun saksi yang terdiri dari Forkopimda Kabupaten Halut, Penyelenggara Pemilihan Suara Ulang (PSU), Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Adapun point-point isi Deklarasi Damai, sebagai berikut:

  1. Bahwa kami para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan memegang teguh, mematuhi dan melaksanakan Deklarasi Damai yang dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara Pilkada Kabupaten Halmahera Utara dan mengawal secara konsisten sehingga pelaksanaannya sesuai amanat deklarasi,
  2. Siap bekerja sama dengan instansi dan lembaga penyelenggara Pilkada demi suksesnya Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Halmahera Utara,
  3. Selalu berkoordinasi dan bekerja sama antar Satuan Tugas, koordinator lapangan, unsur Kepolisian, aparat keamanan dan seluruh stakeholder lainnya untuk menjaga berlangsungnya Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara dalam keadaan kondusif, serta apabila terjadi pelanggaran siap untuk diambil tindakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,
  4. Siap menerima hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang disahkan oleh penyelenggara Pilkada Kabupaten Halmahera Utara sesuai proses yang terbuka dan benar yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,
  5. Kami para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, siap apabila kami terpilih dan siap apabila kami tidak terpilih sebagaimana hasil penetapan KPUD Kabupaten Halmahera Utara.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol. Adip Rojikan, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama dengan pihak keamanan agar situasi Kamtibmas tetap kondusif, serta proses PSU dapat berjalan aman dan lancar.

“TNI-POLRI dan stakeholder terkait siap mengamankan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara,” ujarnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru