BerandaHukumAntisipasi Intimidasi Tiongkok di Indo-Pasifik, Presiden Palau Undang Angkatan Laut Inggris

Antisipasi Intimidasi Tiongkok di Indo-Pasifik, Presiden Palau Undang Angkatan Laut Inggris

PALAU, JAGAMELANESIA.COM – Presiden Palau, Surangel Whipps, akan menyambut armada angkatan laut Inggris yang akan mengunjungi Palau beberapa waktu mendatang. Diketahui pelayaran besar perdana kapal induk bersama angkatan laut Inggris akan dikerahkan ke kawasan Indo-Pasifik pada tahun ini dan Presiden Palau berkeinginan pada kesempatan tersebut pasukan Inggris untuk mengunjungi Palau.

Pernyataan Presiden Surangel Whipps disampaikan melalui surat kabar The Telegraph sebagai upaya untuk mengantisipasi dan melawan agresivitas Tiongkok. Di sisi lain, Tiongkok dilaporkan tengah berupaya terus meningkatkan manuvernya untuk mengklaim wilayah dan perairan yang kaya energi di kawasan Indo-Pasifik.

Lebih lanjut, Presiden Surangel Whipps dalam laporan RNZ Pasific pada Selasa (13/4) mengatakan negaranya tengah berupaya memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak untuk memperkuat sekutu negara. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menahan agresivitas Tiongkok di Indo-Pasifik. Menurutnya, Tiongkok bertujuan untuk terus memperkuat dominasi ekonomi dan militernya di wilayah tersebut.

Selain itu, Whipps meyakini bahwa kehadiran armada kapal perang angkatan laut Inggris di Palau akan turut membantu mempromosikan perdamaian dan keamanan di wilayahnya. Ia menilai dengan memilih Indo-Pasifik untuk pelayaran besar perdana kapal induknya, Inggris juga memiliki kepentingan untuk mengamankan jalur perdagangan global yang vital bagi perekonomian negaranya. Oleh karenanya, hal itu menjadi peluang bagi Palau untuk meningkatkan hubungan persekutuannya dengan Inggris. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru