BerandaDaerahBelajar Astronomi di 5 Negara, 25 Anak Biak Segera Disiapkan

Belajar Astronomi di 5 Negara, 25 Anak Biak Segera Disiapkan

BIAK NUMFOR, JAGAMELANESIA.COM – Kuliah astronomi di luar negeri, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bakal mengirim 25 anak asli Biak keluar negeri untuk belajar di jurusan astronomi. Pengiriman anak-anak Biak ke lima Negara ternama di dunia rencananya akan dilakukan di  tahun ini, bahkan untuk tindaklanjut kerja sama yang akan dilakukan dalam bentuk Momerandum of Understanding (MoU) bakal diteken dalam waktu dekat ini (rencananya bulan ini).

Ke-25 anak yang bakal dikirim ke luar negeri itu masing-masing; 5 orang ke Amerika Serikat, 5 orang ke Jerman, 5 orang ke Rusia, 5 orang ke Jepang dan 5 orang ke China. Pengiriman anak-anak Biak untuk belejar astronomi (keantariksaan) di perguruan tinggi ternama di kelima Negara tersebut akan mengandeng Surya Institut.

“Kami akan bekerja sama dengan Pak  Prof. Drs. Yohanes Surya, M.Sc., Ph.D, dalam waktu dekat beliau akan datang ke Biak untuk tanda tangan MoU. Jadi Pak Prof Surya yang akan membantu mencarikan beasiswa, beliau akan menfasilitas, dan itu juga mendapat dukungan serius dari Pak  Menkomarves Luhut Panjaitan,” ungkap Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd di sela-sela seminar rencana pembangunan Bandar Antariksa, di Gedung Wanita (9/4/2021).

Kerja sama itu akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu upaya menyikapi pembangunan Bandar Antariksa di Biak Utara yang rencananya akan mulai dilakukan tahun 2022 mendatang.

Diharapkan, anak-anak Biak yang dikirim belajar ke luar negeri tentang astronomi itu nantinya dapat diakomodir di Bandar Antariksa Biak yang akan dibangun itu, termasuk dengan sejumlah kelembagaan lainnya, termasuk Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“Anak-anak di Biak juga memang harus disiapkan, tentunya diharapkan ketika mereka selesai nantinya juga bisa bekerja atau sebagai ahli di Bandar Antariksa yang akan dibangun di Biak, dan sejumlah tempat lainnya sesuai dengan bidang atau keahlian mereka,” pungkas Bupati.

Bupati menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Biak Numfor juga tetap akan menyiapkan anak-anak asli Biak untuk berkarir di Bandar Antariksa ataupun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), untuk itu berbagai upaya untuk menyiapkan SDM anak-anak Biak Numfor sejak usia dini akan tetap menjadi perhatian serius.

Sekedar diketahui, jurusan astronom nantinya dapat menjadi seorang astronom, tenaga peneliti dan pengembangan, bisa jadi pendidik, tenaga di jasa dan manufaktur yang berhubungan dengan teknologi informasi ataupun wirausaha sesuai dengan bidangnya serta sejumlah lainnya.(rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru