BerandaDaerah5 Orang Nelayan Di Malut Ditemukan Selamat Usai Longboat POB yang Ditumpangi...

5 Orang Nelayan Di Malut Ditemukan Selamat Usai Longboat POB yang Ditumpangi Tenggelam

TERNATE, JAGAMELANESIA.COMLongboat POB yang ditumpangi 5 orang nelayan asal Maluku Utara mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan antara Pulau Gala dan Pulau Tobalai, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan.

5 nelayan yang tenggelam tersebut berhasil ditemukan dengan keadaan selamat.

Kepala Basarnas Kota Ternate, Muhammad Arafah, mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga bernama Amirudin (keluarga korban) bahwa longboat POB dengan 5 orang nelayan tenggelam di perairan antara Pulau Gala dan Pulau Toboli. Jarak dari unit Siaga SAR Bacan 66.54 NM/127.97°.

Muhammad Arafah melanjutkan, kronologis awal kejadian berdasarkan cerita dari saksi, bahwa 5 orang nelayan ini berangkat melaut pada Sabtu (10/4), untuk mencari ikan di sekitar perairan Pulau Gala & Pulau Tobalai. Dalam perjalanan pulang kembali ke Pulau Gala pada pukul 14.40 WIT, longboat tersebut diterjang cuaca buruk yang mengakibatkan longboatnya tenggelam.

Muhammad Arafah menyampaikan, kejadian tersebut sempat disaksikan oleh 1 orang nelayan yang berada tidak jauh dari lokasi. Nelayan tersebut kemudian kembali ke Pulau Gala untuk melapor kepada pihak keluarga karena perahu yang digunakan oleh saksi terlalu kecil untuk melakukan pertolongan dalam keadaan cuaca yang buruk disekitar lokasi.

“Setelah menerima laporannya, pihak keluarga dan masyarakat Pulau Gala langsung bergerak menuju ke lokasi dengan menggunakan 2 unit longboat untuk melakukan pencarian, dan lima orang nelayan yang dilaporkan hilang berhasil ditemukan,” kata Muhammad Arafah, saat dikonfirmasi tim Jagamelanesia.com, Minggu (11/4).

Muhammad Arafah juga menyebutkan data 5 orang nelayan yang ditemukan selamat, yakni Eli Ilyas (30 tahun), Faldi (18 tahun), Diko (18 tahun), Kadli (25 tahun), dan Maswin ( 21 tahun).

Dari 5 orang nelayan yang ditemukan tersebut, 2 orang korban ditemukan dalam keadaan lemas dan 3 orang lainnya dalam keadaan sehat.

“Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat, maka Operasi SAR ditutup dengan ucapan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat,” tutupnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru