BerandaPolitikMengenal Sosok Rusihan H. Jafar, S.Pd, dan Jejak Karir Politiknya

Mengenal Sosok Rusihan H. Jafar, S.Pd, dan Jejak Karir Politiknya

Ternate – Rusihan H. Jafar (RJ), lahir di Desa Guruapin, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut), pada 06 Oktober 1977.

Pendidikan:

RJ kecil, mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Inpres Khatulistiwa Kayoa tahun 1984 dan lulus 1990, pada tahun 1990-1993 RJ lulus dari Sekolah Menengah Pertama yakni Madrasah Tsanawiyah Kayoa, kemudian lanjut ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini 1993 hingga lulus pada tahun 1996.

“RJ kemudian melanjutkan studinya di perguruan tinggi Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, dan lulus pada tahun 2002 dengan gelar sarjana pendidikan (S.Pd).

Organisasi:

Sejak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi Universitas Khairun Ternate, RJ diketahui berproses di Organisasi Cipayung yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ternate. Selain itu RJ juga tergabung dalam Ikatan Sarjana Alumni Nahdatul Ulama (ISANU) Provinsi Maluku Utara.

“Untuk organisasi politik RJ saat ini diketahui menjabat selaku ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Maluku Utara periode 2024-2029.

Jenjang Karir Politik:

-Anggota DPRD Kabupaten Halmahera Selatan Periode 2004-2009
-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan Periode 2009-2014
-Anggota DPRD Malut periode 2014-2019
-Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku Utara periode 2019-2024.

“Jika dilihat dari jenjang pendidikan, pengalaman organisasi dan serta jenjang karir politiknya, maka RJ layak diberikan kepercayaan masyarakat Halsel, untuk memimpin Kabupaten di ujung selatan Maluku Utara tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari track record sejak menempuh pendidikan hingga jenjang karir politiknya, yang bisa dibilang melejit mulus tanpa noda dimata publik khusunya publik Halmahera Selatan.

Untuk diketahui RJ saat ini bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, di Kabupaten Halmahera Selatan Periode 2024-2029, pasangan dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Halsel, Mochtar Sumaila.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru