BerandaDaerahPemkot Ternate Agendakan Operasi Gabungan Pendisiplinan Prokes Di Bulan Ramadhan

Pemkot Ternate Agendakan Operasi Gabungan Pendisiplinan Prokes Di Bulan Ramadhan

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, diagendakan pada bulan Ramadhan nanti akan melakukan operasi gabungan dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Dalam operasi gabungan tersebut, Pemkot akan gandeng Kodim 1501/Ternate dalam rangka pendisiplinan prokes Covid-19 kepada para pelaku usaha dan masyarakat Kota Ternate.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Ternate, Arif Gani, mengatakan bahwa, perkembangan kasus Covid-19 belakangan ini terdapat 2 orang anak yang berusia masing-masing 7 tahun dan 2 tahun yang terpapar Covid-19.

Untuk itu, pemerintah memiliki tugas yang cukup berat, karena harus menjaga masyarakat agar tetap sehat, supaya angka masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak meningkat.

“Kami dari pihak Satgas Covid-19 akan terus melakukan pengawasan disejumlah tempat yang menjadi pusat penjualan jajanan berbuka puasa/takjil,” kata Arif Gani, dalam apel Gabungan di depan Posko Satgas Covid-19 di Kampung Pisang, Ternate Tengah, Minggu (4/4).

Arif menuturkan, yang menjadi target operasi Satgas Covid-19, yakni di Mall, di pasar, serta lokasi wisata. Misalnya di Jatiland Mall, Pasar Buah, Dodoku Ali Salero, Pantai Sulamadaha, Kawasan Danau Tolire dan Benteng Orange.

Hal ini dilakukan karena pihaknya masih menemukan banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

“Jika kami menemukan ada yang mengabaikan prokes, maka kami akan melakukan penindakan bagi si pelanggar, seperti hukuman push-up, pengucapan Pancasila, serta imbauan secara persuasif agar mematuhi protokol kesehatan,” tegas Arif.

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate, Kolonel Inf R. Moch Iskandarmato, menambahkan bahwa, kegiatan seperti patroli gabungan Satgas Covid-19 yang dikoordinir oleh Pemkot Ternate dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 ini, selalu rutin dilaksanakan.

Ia mengatakan, walaupun saat ini orang yang terpapar Covid-19 mengalami penurunan yang sangat signifikan, namun sebagai aparat yang tergabung dalam Satgas Covid-19, jangan bosan dan jangan kendor untuk melakukan pencegahan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk terus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Kita berusaha agar masyarakat yang terpapar Covid-19 tidak meningkat lagi. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, tentunya akan banyak terjadi kerumunan. Akan banyak masyarakat yang keluar rumah untuk membeli takjil. Untuk itu, butuh pihak yang berperan dalam penanganan Covid-19 di Kota Ternate yang kita cintai ini. Dan mari kita selalu berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” tutupnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru