BerandaPendidikanPerpusnas Gelar Workshop di STIH Manokwari, Marius Sakmaf: STIH Bisa Jalin Kolaborasi...

Perpusnas Gelar Workshop di STIH Manokwari, Marius Sakmaf: STIH Bisa Jalin Kolaborasi ke Depan

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyelenggarakan workshop literasi di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari selama dua hari yakni pada Selasa, 31 Oktober hingga Rabu, 1 November 2023.

Workshop literasi ini merupakan program prioritas nasional Perpusnas yang dikemas dengan tajuk ‘Writingthon Festival 2023’. Program ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan literasi SDM masyarakat Papua, termasuk mahasiswa/i maupun dosen di perguruan tinggi.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa STIH dan peserta dari luar Manokwari dengan pembicara kunci yakni Pustakawan Ahli Utama, Perpustakaan Nasional, Yuliatry Bunga, S., IPI. Yuliatry mengatakan, konsep writingthon ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan keterampilan menulis masyarakat, diantaranya dapat disalurkan dalam sebuah platform.

“Program Perpusnas ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya tulis peserta hingga mencapai banyak orang dan dapat diakses oleh semua kalangan, sekaligus meningkatkan edukasi literasi kepada masyarakat dari berbagai latar belakang,” sebut Yuliatry.

Menurutnya, workshop ini merupakan kegiatan inklusi sosial yang didesain oleh Perpustakaan Nasional dengan konsep writingthon dan menargetkan pelaksanaannya dapat diimplementasikan di berbagai daerah di indonesia. Pada kesempatan ini pula Manokwari merupakan salah satu daerah dari 7 daerah terpilih untuk melaksanakan program ini.

Di kesempatan yang sama, Ketua STIH Manokwari yang diwakili Wakil Ketua I STIH Marius Sakmaf, S.H., M.H menyampaikan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional yang telah mempercayakan STIH Manokwari sebagai tuan rumah penyelenggaraan workshop ini.

Ia pun berharap akan ada kolaborasi yang baik ke depannya untuk kemajuan perpustakaan yang telah dimiliki oleh STIH Manokwari. Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia (SDM) di perguruan tinggi ini perlu didukung dengan berbagai sumber referensi penunjang program perkuliahan.

“Terima kasih kepada tim Perpustakaan Nasional yang telah percayakan STIH Manokwari sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini, semoga kedepannya kita lebih matangkan kemajuan program literasi dan gemar membaca serta menulis kalangan mahasiswa, dosen dan implementasi kepada masyarakat,” ungkap Sakmaf. (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru