BerandaNasionalApresiasi Pertemuan Pimpinan DPD RI dengan Prabowo, Filep Wamafma Tekankan Hal Ini

Apresiasi Pertemuan Pimpinan DPD RI dengan Prabowo, Filep Wamafma Tekankan Hal Ini

JAKARTA, JAGAMELANESIA.COM – Senator Papua Barat, Dr. Filep Wamafma mengapresiasi pertemuan pimpinan DPD RI periode 2024-2029 dengan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto. Pertemuan Ketua DPD RI yakni Sultan B. Najamudin bersama Wakil Ketua GKR Hemas, Yorrys Raweyai, Tamsil Linrung itu berlangsung di kantor Kemhan RI Jakarta Pusat pada Kamis (3/10/2024).

Menurut Filep, pertemuan ini merupakan awal yang positif sekaligus strategis dari para pimpinan DPD RI dalam sidang Selasa (1/10/2024) lalu. Hal itu terutama dalam membangun hubungan pusat dan daerah yang semakin erat dalam rangka melaksanakan amanat konstitusi.

“Saya secara pribadi mengapresiasi langkah pimpinan DPD RI yang langsung gerak cepat pasca terpilih pada sidang kemarin. Pertemuan dengan Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih, pak Prabowo sangat penting bagi DPD RI secara kelembagaan sebagai wakil daerah yang mengemban aspirasi masyarakat,” ujar Filep kepada awak media, Kamis (3/10/2024).

Filep memandang pendekatan politik oleh pimpinan DPD RI adalah langkah konkret untuk mewujudkan visi dan misi lembaga. Menurutnya, kolaborasi DPD RI dengan institusi pemerintah sangat penting dalam rangka mengakomodasi dan mewujudkan peran dan fungsi DPD sesuai kewenangannya.

Lebih lanjut, pace jas merah yang terpilih kembali kedua kalinya itu menyampaikan bahwa keberadaan DPD sangat penting sebagai penjaga sistem negara kesatuan yang terdiri dari daerah-daerah. Hal ini, lanjut Filep, lantas dikuatkan dengan pemberlakuan kebijakan nasional yakni otonomi daerah.

“Jadi DPD sebagai representasi daerah mengemban amanat penting untuk menjaga kesatuan dan persatuan. DPD ini diharapkan sebagai lembaga negara yang mampu membantu daerah dengan membawa serta mengawal kepentingan dan kebutuhan daerah sebagai agenda setting ke tingkat nasional,” katanya.

“Maka ini sesuai dengan pesan pak Prabowo yang disampaikan oleh Ketua DPD RI, Sultan Najamudin yang mengajak semua pihak untuk bersatu, semakin kompak dan solid dalam membangun bangsa. Ini semua juga tetap diiringi dengan fungsi check and balances untuk tata pemerintahan yang semakin baik kedepannya,” ujar senator Papua Barat ini.

Senator sekaligus akademisi tersebut juga berharap DPD RI mampu menjadi penyeimbang lembaga-lembaga politik yang ada sehingga terus terpelihara optimisme aspirasi rakyat dari daerah yang disuarakan oleh anggota DPD akan  terealisasi oleh eksekutif selaku pemegang kekuasaan dalam sistem pemerintahan presidensial di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, usai melakukan pertemuan, Sultan Najamudin menyampaikan sejumlah pesan Prabowo Subianto. Menurutnya, presiden terpilih yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang itu mengajak semua pihak berangkulan dan bergandeng erat untuk kemajuan bangsa di masa depan.

“Beliau selalu sampaikan itu, bahwa persatuan, kesatuan, kekompakan itu adalah modal terbesar kita untuk mempercepat bangsa ini menuju, apa namanya istilahnya, menuju cita-cita yang selama ini kita inginkan,” ucap Sultan.

Selain dalam rangka memperkenalkan diri, kata Sultan, dia dan pimpinan DPD RI menyampaikan kepada Prabowo akan mendukung program-program pemerintahan yang akan datang dalam menjalankan amanat dalam koridor demi kebaikan daerah dan bangsa.

“Ya dinamika politik pasti ada, tapi komitmen kita adalah komitmen kebangsaan, komitmen kenegaraan. Program yang baik pasti kita dukung,” kata dia.

“Dan kami yakin dan percaya bahwa di bawah kepemimpinan Pak Prabowo, ya Mas Gibran, yang itu melanjutkan estafet kepemimpinan dari Pak Presiden Jokowi, akan berjalan dengan baik, bahkan akan lebih baik-baik,” katanya lagi. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru