BerandaDaerahBawaslu Manokwari Selatan Teken MoU dengan STIH Manokwari, Filep Wamafma: Kami Siap...

Bawaslu Manokwari Selatan Teken MoU dengan STIH Manokwari, Filep Wamafma: Kami Siap Dukung Penuh

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilukada di kabupaten Manokwari Selatan yang transparan, bersih dan profesional, Bawaslu Kabupaten Manokwari Selatan melakukan MoU dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari.

MoU tersebut diteken langsung oleh Ketua STIH Manokwari, Dr. Filep Wamafma, S.H., M.Hum didampingi dan disaksikan oleh Kepala P3BHPK STIH Manokwari, Achmad Djunaidi, SH., MH dan Kepala Program Studi Donny Karauwan, SH., MH.

Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari Selatan, Inggrit A. Sabubun, SE., M.M didampingi komisioner dan staf, Sabtu (10/8/2024) mengatakan, MoU ini dilakukan di STIH Manokwari lantaran kampus C Momi Waren merupakan cabang dari STIH induk di Manokwari.

“Kami sangat apresiasi mahasiswa STIH di kampus Momi Waren, kabupaten Manokwari Selatan, sebab selama tahapan sosialisasi ini pihak STIH sangat berpartisipasi membantu,” ujarnya.

Dalam MoU tersebut, Bawaslu berharap adanya sinergitas dari STIH Manokwari, yang juga melibatkan mahasiswa/i sebagai pengawas untuk membantu mereka dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Pilkada.

Inggrit mengharapkan adanya MoU ini akan membawa hasil yang baik dan memberi dampak positif dalam rangka meningkatkan pengawasan partisipatif di Manokwari Selatan.

“Kita berharap kerja sama yang kita bangun dalam rangka pencegahan potensi-potensi dugaan pelanggaran yang terjadi di pemilihan serentak tahun 2024 berjalan lancar. Apalagi ketika mahasiswa turut membantu, maka harapannya pelanggaran politik dapat diatasi bersama-sama,” sambungnya.

Terlebih menurutnya, STIH Manokwari Kelas kuliah di Momi Waren beberapa kali telah dilibatkan dalam kegiatan Bawaslu goes to campus. Diantaranya beberapa perwakilan dari STIH hingga saat ini sudah menjadi mitra dalam program-program Bawaslu yang berkaitan dengan pendidikan pengawas partisipatif.

“Ketika mahasiswa mendapatkan temuan dugaan pelanggaran pemilu, mereka dapat melaporkan kepada bawaslu Kabupaten Manokwari selatan, bahkan ada alumni yang diperbantukan di Staf Panwaslu Distrik Momi waren,” paparnya.

Sementara itu, Ketua STIH Manokwari Filep Wamafma menyampaikan apresiasi atas kepercayaan penandatanganan MoU ini bersama STIH Manokwari. Ia menyambut baik MoU ini dan akan segera menindaklanjuti poin-poin dalam MoU.

Hal ini, lanjut Filep, merupakan bentuk komitmen bersama dalam upaya melakukan pencegahan saat pemilihan kepada daerah berlangsung, terutama terkait dengan praktik politik uang.

Dia menambahkan, STIH Manokwari menyatakan mendukung penuh dan siap membantu Bawaslu Manokwari Selatan sesuai tugas dan kewenagan. Bahkan senator DPD RI dapil Papua Barat ini mendorong agar mahasiswa dapat memanfaatkan momentum pilkada dalam rangka pembelajaran politik yang baik.

“Saya kira ini langkah yang baik, secara kelembagaan kami siap untuk membantu Bawaslu sesuai dengan tugas dan kewenangan. Ke depan akan kita dorong untuk mahasiswa juga bisa melakukan magang di Bawaslu sehingga mahasiswa juga bisa belajar mandiri dan tentu menjadi peluang tersendiri untuk menambah ilmu pengetahuan,” kata dia. (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru