BerandaDaerahFilep Wamafma Ajak Generasi Muda Jadi Pelajar Pancasila

Filep Wamafma Ajak Generasi Muda Jadi Pelajar Pancasila

MANOKWARI – Anggota DPD RI asal Papua Barat, Filep Wamafma kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMAS Advent Manokwari, Papua Barat. Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 20 Juli 2024. Dalam kegiatan tersebut, Filep Wamafma menekankan kembali kepada generasi muda untuk menggali nilai-nilai Pancasila yang luhur sebagai pegangan di tengah arus globalisasi. Ia mendukung program Pelajar Pancasila yang digalakkan oleh Pemerintah.

Filep Wamafma saat melakukan sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMAS Advent Manokwari

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa generasi muda hari ini mengalami penurunan rasa nasionalisme. Hal itu dikarenakan gempuran budaya asing dari berbagai negara yang masuk di Indonesia dengan mudahnya diterima dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, diperlukan penanaman nilai-nilai kebhinekaan dan pancasila dalam Pendidikan sehari-hari. Para siswa diharapkan setidaknya mengenal budaya, adat, suku, agama dan berbagai perbedaan yang ada di Indonesia dan nilai-nilai luhur yang menyatukannya.

Filep mengajak agar siswa mulai membangun prinsip toleransi sedini mungkin seperti perlakuan yang adil terhadap siswa yang berbeda-beda latar belakang, membangun kesadaran sensitifitas gender, membangun keberagamaan inklusif, dan membangun kesadaran multikultur di kalangan siswa. Simbol atau bentuk penghayatan Bhineka Tunggal Ika pada ekosistem di sekolah ialah dilihat dari tidak adanya sikap rasis dan diskriminasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Tak hanya itu, ia berharap agar di SMA Advent Manokwari dapat menjalankan mekanisme internalisasi nilai Pancasila menjadi kebiasaan sehari-hari siswa.  Pembentukan habituasi sikap pancasilais dan religius tersebut dapat dilakukan melalui beberapa tindakan yang terintegrasi di kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di sekolah tersebut. (KR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru