BerandaDaerahKPUD Gelar Bimtek bagi PPS Manokwari Barat, Christine Rumkabu: Anggota PPS Diajarkan...

KPUD Gelar Bimtek bagi PPS Manokwari Barat, Christine Rumkabu: Anggota PPS Diajarkan Aplikasi e-Coklit dan Sidalih

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manokwari melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Distrik Manokwari Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang aula STIH Manokwari, Jumat (21/6/2024) itu menghadirkan PPS dari 6 Kelurahan dan 4 kampung di distrik Manokwari Barat.

Ketua KPUD Manokwari, Christine Ruth Rumkabu menyampaikan bahwa bimtek ini beragendakan tentang ‘Persiapan pemuktahiran data pemilih serentak serta simulasi aplikasi e-Coklit dan Sidalih bagi PPD dan PPS se-Distrik Manokwari Barat dalam pilkada serentak kabupaten Manokwari tahun 2024’.

Bimtek ini, kata Rumkabu dilaksanakan serentak bagi PPS dengan melibatkan PPD dari 9 distrik di kabupaten Manokwari. Dalam bimtek kali ini, Christine menerangkan bahwa PPS diharapkan dapat memahami sistem yang digunakan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada kabupaten Manokwari mendatang.

Kaitan dengan aplikasi e-Coklit dan Sidalih, Christine mengatakan bahwa aplikasi tersebut terbilang baru yang harus dipahami penyelenggara tingkat PPS dan PPD. Pasalnya, Pilkada Manokwari sebelumnya hanya menggunakan sistem manual.

“Bimtek ini dilaksanakan sehari namun penyelenggara akan terus dikontrol dalam setiap waktu agar memahami aplikasi ini supaya bisa memudahkan penyelenggara PPD dan PPS,” sebut Christine Rumkabu kepada jagapapua.com, Jumat kemarin.

Ia menambahkan, aplikasi yang digunakan untuk pilkada ini merupakan pengganti sistem manual, yakni Sirekap dan Simalu yang sebelumnya digunakan pada saat pemilu serentak 2024. Dia berharap, aplikasi ini dapat benar-benar membantu penyelenggara pilkada dan mempermudah kerja-kerja penyelenggara dari PPD, PPS dan Pantarlih. (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru