BerandaNasionalSenator Filep Harap Semua Pihak Turun Tangan Ciptakan Generasi Muda Nasionalis

Senator Filep Harap Semua Pihak Turun Tangan Ciptakan Generasi Muda Nasionalis

MANOKWARI  – Anggota DPD RI daerah pemilihan Papua Barat kembali menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kota Manokwari pada Kamis, 13 Juni 2024. Agenda berlangsung di aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Manokwari diikuti oleh mahasiswa dan sebagian dosen.

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI tersebut mengangkat tema terkait Generasi Muda dan Tantangan Globalisasi. Senator Filep menyebut bahwa arus globalisasi dan pertukaran budaya dunia yang begitu cepat baik melalui media massa maupun sosial media menjadi tantangan besar untuk Nasionalisme Bangsa Indonesia saat ini.

Filep Wamafma, Senator Papua Barat saat menyampaikan sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Manokwari (13/06)

Filep menguraikan bahwa salah satu cara mempertahankan kebudayaan Indonesia agar tidak terpengaruh oleh kebudayaan asing yang bersifat negatif adalah menumbuhkan semangat nasionalisme serta menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Karena itu upaya memperkuat dan mempertahankan jati diri bangsa agar tidak luntur harus terus dilakukan.

“Contoh pengaruh globalisasi paling nyata saat ini misalnya terkait dunia fashion and song, anak muda lebih mengenal cara berbusana menggunakan mode Korea misalnya dibanding pakaian adat mereka sendiri atau lagu daerahnya sendiri.” Jelas Filep saat mengisi agenda sosialisasi.

Menurutnya, efek negatif dari gelombang globalisasi harus terus diantisipasi karena dapat menggerus Nasionalisme generasi muda. Salah satunya adalah memasifkan sosialisasi nilai-nilai Pancasila. Senator Papua Barat tersebut juga menyatakan bahwa tantangan eksistensi nasionalisme generasi muda saat ini sangat berbeda dengan generasi muda di masa lalu.

“Keterlibatan semua pihak mulai dari keluarga, sekolah dan Pemerintah sangatlah penting dalam menciptakan generasi muda nasionalis. Orang tua dan lingkungan merupakan peletak kesadaran kebangsaan dan mental nasionalis generasi muda saat ini.” Tutupnya. (KR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru