BerandaDaerahTokoh Adat Buton Selatan Imbau Warga Buton di Papua Barat Dukung Filep...

Tokoh Adat Buton Selatan Imbau Warga Buton di Papua Barat Dukung Filep Wamafma Raih Kursi DPD RI

PAPUA BARAT, JAGAMELANESIA.COM – Dukungan terhadap Calon Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Dr. Filep Wamafma SH, MHum terus mengalir. Kali ini dukungan itu datang dari tokoh adat Buton Cia Cia Buton Selatan, La Ode Ali Natal yang menyatakan dukungannya kepada Filep Wamafma untuk kembali mewakili Papua Barat di DPD RI, Senayan, Jakarta.

Ia mengajak kepada seluruh warga Buton di wilayah Papua Barat untuk memberikan dukungan suara kepada Filep Wamafma, incumbent Anggota DPD RI dengan nomor urut 3 tersebut.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Buton yang berada di Provinsi Papua Barat agar kiranya dapat memberikan doa restu dan dukungannya kepada saudara kita bapak Dr. Filep Wamafma SH, MHum, untuk melanjutkan kembali perjuangannya di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia periode 2024-2029,” ujarnya dalam video yang dikutip Rabu (31/1/2024).

Dalam pernyataannya, La Ode Ali Natal juga menyampaikan apresiasinya bersama masyarakat Buton Selatan atas perhatian dan dukungan Filep Wamafma selama ini terhadap perjuangan masyarakat Buton untuk menghadirkan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Kepulauan Buton.

“Saya La Ode Ali Natal, atas nama tokoh adat dan masyarakat Buton Selatan mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya bapak Dr. Filep Wamafma, SH, MHum, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dapil Papua Barat atas perhatian dan dukungannya terhadap perjuangan masyarakat Buton untuk membentuk Provinsi Kepulauan Buton selama ini,” ucapnya.

“Agar Provinsi Kepulauan Buton ini bisa terwujud dan mendapat dukungan penuh dari beliau (red, Filep Wamafma) di tahun-tahun yang akan datang,” sambung La Ode Ali Natal.

Seperti diketahui, Pimpinan Komite I DPD RI, Dr. Filep Wamafma mendukung penuh adanya usulan pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Buton. Usulan ini diterimanya saat pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi bersama para kepala daerah dan tokoh-tokoh masyarakat pada 14 November 2022 lalu.

Kehadiran senator Filep di Sulawesi Tenggara kali ini dalam rangka memenuhi undangan Gubernur Sultra terkait usulan pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Buton. Dalam kesempatan itu, Filep mengapresiasi aspirasi dan usulan DOB Kepulauan Buton yang disampaikan kepada Komite I DPD RI.

Terkait usulan pemekaran ini, Filep menilai calon DOB Provinsi Kepulauan Buton layak diusulkan dan dipertimbangkan lebih lanjut karena telah memenuhi syarat dan potensi-potensi yang ada di daerah ini pun mendukung untuk adanya pemekaran.

“Dari aspek administrasi maupun politik, calon DOB Provinsi Kepulauan Buton menurut hemat saya memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai DOB. Kita lihat aspek ekonomi Kepulauan Buton punya PAD yang sangat menjanjikan lantaran memiliki sumber daya alam yang melimpah,” katanya.

Lebih lanjut, senator Papua Barat ini menyampaikan bahwa Komite I DPD RI akan menindaklanjuti aspirasi tersebut. Komite I akan menyusun kerangka konsep untuk sekaligus mengakomodasi usulan pemekaran di daerah-daerah lain di luar Papua. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru