BerandaDaerahSultan Buton Imbau Warga Buton di Papua Barat Dukung Filep Wamafma Kembali...

Sultan Buton Imbau Warga Buton di Papua Barat Dukung Filep Wamafma Kembali Jabat di DPD RI

PAPUA BARAT, JAGAMELANESIA.COM – Dukungan terhadap Calon Anggota DPD RI Dapil Papua Barat, Dr. Filep Wamafma SH, MHum terus mengalir. Kali ini dukungan itu datang dari Sultan Buton, La Ode Muhammad Izat Manarfa yang menyatakan dukungannya dalam surat resmi Kesultanan Buton kepada Filep Wamafma untuk kembali mewakili Papua Barat di Senayan, Jakarta.

Dalam surat tersebut, Sultan Buton mengimbau kepada seluruh masyarakat Buton yang bermukim di Provinsi Papua Barat untuk memberikan dukungannya kepada Filep Wamafma, incumbent Anggota DPD RI dengan nomor urut 3.

“Pada kesempatan ini, kami menghimbau masyarakat Buton khususnya yang bermukim di Provinsi Papua Barat kiranya dapat memberikan doa, restu dan dukungan pada saudara Dr. Filep Wamafma, SH, MHum untuk melanjutkan perjuangannya di DPD Republik Indonesia periode 2024-2029,” bunyi penggalan surat imbauan tersebut, dikutip Senin (29/1/2024).

Di surat itu, Sultan Buton juga menyampaikan apresiasinya bersama masyarakat Buton atas perhatian dan dukungan Filep Wamafma terhadap perjuangan masyarakat Buton untuk menghadirkan Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Kepulauan Buton.

“Kami Sultan Buton atas nama masyarakat Buton mengapresiasi dan mendukung Bapak Dr. Filep Wamafma SH, MHum, anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia senator Dapil Provinsi Papua Barat atas perhatian dan dukungannya terhadap perjuangan masyarakat Buton untuk membentuk Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton selama ini,” sambungnya.

Seperti diketahui, Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma mendukung adanya usulan pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Buton. Usulan ini diterimanya saat pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi bersama para kepala daerah dan tokoh-tokoh masyarakat pada 14 November 2022 lalu.

Kehadiran senator Filep di Sulawesi Tenggara kali ini dalam rangka memenuhi undangan Gubernur Sultra terkait usulan pembentukan DOB Provinsi Kepulauan Buton. Dalam kesempatan itu, Filep mengapresiasi aspirasi dan usulan DOB Kepulauan Buton yang disampaikan kepada Komite I DPD RI.

Terkait usulan pemekaran ini, Filep menilai calon DOB Provinsi Kepulauan Buton layak diusulkan dan dipertimbangkan lebih lanjut karena telah memenuhi syarat dan potensi-potensi yang ada di daerah ini pun mendukung untuk adanya pemekaran.

“Dari aspek administrasi maupun politik, calon DOB Provinsi Kepulauan Buton menurut hemat saya memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai DOB. Kita lihat aspek ekonomi Kepulauan Buton punya PAD yang sangat menjanjikan lantaran memiliki sumber daya alam yang melimpah,” katanya.

Lebih lanjut, senator Papua Barat ini menyampaikan bahwa Komite I DPD RI akan menindaklanjuti aspirasi tersebut. Komite I akan menyusun kerangka konsep untuk sekaligus mengakomodasi usulan pemekaran di daerah-daerah lain di luar Papua. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru