BerandaPendidikanJadi Pembicara di Mubes Arfak, Filep Wamafma Tekankan Pentingnya Penguatan Kualitas SDM...

Jadi Pembicara di Mubes Arfak, Filep Wamafma Tekankan Pentingnya Penguatan Kualitas SDM Suku Arfak

MANSEL, JAGAMELANESIA.COM – Senator DPD RI asal Papua Barat Dr. Filep Wamafma menghadiri undangan Musyawarah Besar (Mubes) suku besar Arfak sekaligus menjadi pembicara pada acara tersebut di Ransiki, kabupaten Manokwari Selatan, Kamis (24/8/2023).

Dalam paparannya, Filep menyampaikan bahwa kesuksesan pelaksanaan mubes suku Arfak merupakan bagian penting untuk menjaga eksistensi suku Arfak dalam mendukung pencapaian-pencapaian yang maksimal di berbagai sektor kehidupan, terutama di sektor pendidikan.

Filep Wamafma mengatakan, sebagai seorang akademisi, dirinya berkomitmen untuk turut peduli terhadap pendidikan anak-anak asli suku Arfak guna mempersiapkan generasi suku Arfak yang andal melalui pendidikan tinggi di STIH Manokwari.

Dalam kesempatan itu, Filep Wamafma didampingi rombongan mahasiswa penerima beasiswa dari suku Arfak yang turut menghadiri mubes suku Arfak di Mansel. Bahkan, Pace Jas Merah itu juga mengundang para mahasiswa penerima beasiswa ini hadir di depan para peserta mubes dan tamu undangan.

“Saya berbicara di sini sebagai guru, lalu saya buktikan bahwa anak-anak Arfak, ratusan orang dari perwakilan mahasiswa/i semester 1,3,5, 7 dan 9 saat ini menerima beasiswa untuk berkuliah di STIH Manokwari,” ungkap Filep.

Lebih lanjut, Filep menyampaikan bahwa kepercayaan yang diberikan suku Arfak dan rakyat Papua Barat kepada dirinya sebagai Anggota DPD RI telah memberikan kesempatan untuk melakukan terobosan dengan berbagai stakeholder di Jakarta demi kepentingan masyarakat. Diantaranya adalah mendapatkan dukungan beasiswa untuk mahasiswa Papua Barat, termasuk mahasiswa dari Suku Arfak.

“Saya sebagai pimpinan di STIH Manokwari, yang pada tahun 2019 lalu saya mencoba bertarung di pesta demokrasi dan berhasil dipercayakan rakyat sebagai anggota DPD RI, sehingga lewat kepercayaan itu saya terus berbicara dengan pembuktian bahwa kesuksesan orang Papua bukan hanya karena sumber daya alam namun juga karena kualitas SDM, dan itu yang jauh lebih penting,” katanya.

“Maka saya buktikan untuk mampu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi mahasiswa Arfak sehingga mendapat beasiswa hingga selesai kuliah dan menjadi sarjana hukum,” ujar Filep. (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru