BerandaSportOmbak Amban Diakui di Ajang Internasional, Filep Harap Cabang Surfing Lahirkan Atlet...

Ombak Amban Diakui di Ajang Internasional, Filep Harap Cabang Surfing Lahirkan Atlet Berbakat Asli Papua

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Salah seorang turis mancanegara asal Amerika, Michael menyampaikan apresiasi kepada masyarakat setempat yang menyambut baik kegiatan surfing ini. Menurut Michael, ombak Pantai Amban sangat besar dan jauh lebih besar dari negaranya, sehingga cocok untuk dijadikan spot kompetisi internasional.

Pria yang juga sudah berdomisili di Manokwari selama 10 tahun itu mengutarakan bahwa kegiatan ini terselenggara dengan sangat luar biasa, lantaran banyak juga dihadiri oleh turis mancanegara.

“Di negara saya ombak untuk kita berselancar tidak besar seperti yang ada di Manokwari. Sehingga saya senang sekali berselancar disini,” ujar Michael kepada awak media, Selasa (27/12).

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Filep Wamafma berharap gelaran kompetisi selancar ombak internasional di Pantai Amban saat ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi para peselancar lokal. Dengan adanya potensi ombak lokal yang diakui dalam ajang internasional menjadi peluang bagi putra putri daerah untuk dapat terus mengembangkan bakat berselancarnya.

Menurut Filep, kompetisi di level internasional ini akan dapat memberikan pengalaman sekaligus suntikan spirit yang besar bagi para atlet asli Papua untuk senantiasa meningkatkan skill dan bersiap mengikuti kompetisi nasional maupun internasional.

“Atlet selancar ombak asli Papua harus dipersiapkan untuk menatap PON berikutnya. Kita melihat saat ini anak-anak Papua, ternyata sudah banyak yang mampu menggunakan papan selancar modern berkelas internasional untuk mengikuti event surfing ini,” kata Filep Wamafma.

Filep pun memotivasi anak-anak Papua khususnya anak Biak di pesisir pantai Amban dan pantai Arowi, Bakaro di Manokwari agar terus rajin berlatih untuk meningkatkan kemampuan diri. Filep juga mendorong pemerintah daerah beserta komunitas selancar di Manokwari dapat membina putra-putri asli daerah dan bersiap mengikuti berbagai kompetisi selancar yang akan datang.

“Momen kompetisi seperti ini membuktikan bahwa anak asli Papua mampu berselancar dan aksi mereka juga disaksikan langsung oleh para turis mancanegara yang hadir di Pantai Amban Manokwari. Mari kita dukung bakat anak-anak kita agar meraih sukses di masa depan,” ucapnya.

“Untuk anak-anak, kalian boleh terlibat dalam kegiatan ini, tetapi bapak pesan jangan sampai lupa sekolah ya, sebab pendidikan sangat penting untuk kehidupan, jangan sampai diabaikan,” ujar Filep. (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru