BerandaDaerahKepala Suku Biak Papua Barat Sambut Pj Walikota Sorong George Yarangga dengan...

Kepala Suku Biak Papua Barat Sambut Pj Walikota Sorong George Yarangga dengan Adat Biak

SORONG, JAGAMELANESIA.COM – Kepala suku Biak Papua Barat Hengky Korwa, S.Sos bersama masyarakat Biak menyambut Penjabat (Pj) Walikota Sorong George Yarangga dengan prosesi adat suku Biak di Bandara Deo Sorong, Papua Barat, Sabtu (27/8/2022).

Selain adat Biak, penyambutan juga dilakukan sengan prosesi adat suku Moi sebagai pemilik hak ulayat wilayah adat Kota Sorong. Kedatangan Yarangga bersama istri disambut meriah oleh masyarakat Kota Sorong hingga digelar arak-arakan menuju kantor Walikota Sorong.

Selain itu, prosesi adat juga disertai dengan doa singkat di area terminal kedatangan bandara Deo Sorong sebegai ungkapan syukur karena Pj walikota Sorong telah tiba dengan selamat di Kota Sorong.

Dalam sambutannya, Hengky Korwa mengatakan, prosesi adat dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap Pj Walikota Sorong untuk melaksanakan tugas mengisi kekosongan usai kepemimpinan Wali Kota Sorong Lamberth Jitmau berakhir.

“Penyambutan adat Biak ini saya pimpin langsung dan diback-up oleh polisi adat Biak Kota Sorong serta masyarakat Biak dan masyarakat Moi dan suku Nusantara lainnya. Artinya ini menujukkan bahwa masyarakat Kota Sorong menerima George Yarangga untuk memimpin Kota Sorong,” ungkap Hengky Korwa di Bandara Deo Sorong. 

Hengky Korwa menambahkan, penyambutan adat ini dilakukan kepada George Yarangga selaku anak adat Biak yang saat ini yang ditunjuk sebagai Pj wali kota Sorong sebagaimana amanah SK Mendagri.     

Lebih lanjut, Korwa juga memberikan sebuah parang adat Biak kepada Yarangga sebagai simbol mambri untuk menjaga diri selama melaksanakan tugas di Sorong.

“Proses adat ini sebagai bentuk wibawa orang asli Papua, terutama menghormati adat Biak dan adat suku Moi dan suku lainnya di Kota Sorong,” tutup Korwa.  (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru