BerandaDaerahMananwir Byak Papua Barat Dilantik, Filep Ungkap 3 Tipologi Bangun Papua

Mananwir Byak Papua Barat Dilantik, Filep Ungkap 3 Tipologi Bangun Papua

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Acara Pengukuhan dan Pelantikan Mananwir Suku Byak Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan hari ini, Kamis (6/1/2022) di Mansinam Beach Resort Manokwari, Papua Barat berjalan lancar dan sukses. Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube JasMerah TV.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menghadiri sekaligus melantik secara langsung para Mananwir (tokoh adat) Suku Byak Provinsi Papua Barat. Acara ini juga dihadiri oleh para kepala daerah di Papua Barat, jajaran Kodam Kasuari, Polda Papua Barat, Binda Papua Barat dan masyarakat adat suku Byak di Papua Barat.

Dalam sambutannya, ketua panitia Pengukuhan dan Pelantikan Mananwir Suku Byak Papua Barat Dr. Filep Wamafma SH., M.Hum menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat dan seluruh pihak serta panitia pelaksana yang telah mendukung penyelenggaraan acara ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Filep Wamafma mengungkapkan kebanggaan yang luar biasa terutama kepada para Mananwir di kabupaten dan kota di Papua Barat bahwa meskipun dengan waktu persiapan acara yang sangat singkat, para Mananwir dapat hadir seluruhnya untuk mengikuti acara pelantikan ini.

Menurutnya, kehadiran seluruh Mananwir ini merupakan wujud spirit dan energi persatuan Suku Byak yang besar untuk berkomitmen bersama-sama membangun suku Byak dan Papua Barat.

“Persiapan acara pelantikan ini sangat cepat dan singkat karena yang terlibat dalam kegiatan pelantikan ini kurang lebih hanya 6 orang. Saya ketua panitia dibantu oleh enam orang kita laksanakan peristiwa pelantikan ini dengan tempo yang sesingkat-singkatnya dan harinya bisa terlaksana, Mananwir seluruh wilayah kabupaten/kota 100% hadir,” ujarnya.

Filep Wamafma yang juga merupakan Wakil Ketua I Komite I DPD RI ini menyatakan bahwa nama organisasi Byak yang dikukuhkan hari ini adalah Kesatuan Masyarakat Adat Byak Papua Barat. Menurutnya, nama ini sesuai dengan perumusan nama yang telah disahkan dalam pleno sebelumnya.

Dengan terselenggaranya pelantikan ini, ia berharap para Mananwir dapat menjalankan mandat yang telah dipercayakan untuk membangun suku Byak di Papua Barat semakin maju di masa depan.

“Kita berharap sebagai panitia tugas kami telah selesai di hari ini dan selanjutnya mandat sepenuhnya kami serahkan kepada Mananwir untuk melaksanakan mandat ini sehingga dapat membawa keluarga besar biak ini ke impian yang kita harapkan bersama-sama,” tambah Filep.

Dalam kesempatan yang sama, Senator Filep Wamafma mengutarakan sebuah tipologi pembangunan tanah Papua yang perlu diperhatikan. Dalam tipologi ini, ia mengibaratkan tanah Papua layaknya sebuah rumah, ada 3 tiang penopang sebagai unsur yang harus bekerja sama untuk membangun rumah yang sangat kokoh.

Ada 3 tipologi membangun Papua, yang pertama adat, sebagai tiang yang pertama. Yang kedua adalah gereja atau agama dan tiang ketiga adalah pemerintah. Itu tipologi dalam membangun Papua,” terangnya.

Dalam konsep ini, Filep berharap kepada Pangdam, Kabinda dan Kapolda Papua Barat bersama jajaran kepala daerah dapat memberdayakan masyarakat adat Byak untuk menjaga Kamtibmas di daerah. Menurutnya, para pemimpin adat adalah mitra sinergis pemerintah dan para aparat penegak hukum di Papua Barat.

“Dan kita akan bentuk di seluruh Papua Barat ini mambri-mambri penjaga masyarakat Byak juga sebagai mitra pemerintah dan TNI maupun Polri. Hal ini sudah kami sampaikan kepada pemerintah pusat untuk selalu memberikan kesempatan kepada masyarakat adat untuk juga turut menjaga tanah Papua,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru