BerandaDaerahWarga Maluku di Manokwari Peringati HUT Pattimura Ke-204

Warga Maluku di Manokwari Peringati HUT Pattimura Ke-204

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Bupati Manokwari Hermus Indou membuka rangkaian kegiatan menyongsong HUT Pattimura yang ke-204 yang diadakan oleh warga Maluku di Kota Manokwari pada Jumat (7/5) pukul 07.00 WIT.

Dalam sambutannya, Hermus Indou memberikan apresiasi atas semangat Pattimura muda yang ada di Kota Manokwari dalam rangka memupuk kebersamaan melalui berbagai agenda dalam menyongsong HUT Pattimura ke-204 tahun. Ia berpesan kepada para pemuda untuk selalu mengingat dan memahami sejarah para pejuang terdahulu.

Selain menjadi momen untuk memupuk tali persaudaraan di tanah perantauan, Hermus Indou mengatakan bahwa peringatan HUT Pattimura ke-204 ini juga harus mampu membentuk jiwa nasionalisme dan menanamkan nilai-nilai sejarah perjuangan Pattimura dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah Papua, khususnya di Kota Injil, Manokwari.

“Dan tentu sebagai anak muda dan keluarga Maluku masih tahu dan menghargai sejarah. Semoga dengan semangat Pattimura ini dapat membentuk jiwa nasionalisme, patriotisme dan semangat perjuangan masyarakat Maluku di Manokwari,” ungkap Hermus Indou.

Sejalan dengan itu, Ketua Panitia Perayaan HUT Pattimura ke-204, Aljabar Makatita mengajak seluruh warga Maluku yang ada di Manokwari untuk bersama menyukseskan kegiatan bersejarah tersebut. Menurutnya, peringatan HUT Pattimura merupakan bentuk respons terhadap sosok pejuang tangguh asal Maluku yang ikut berjuang dalam membantu kemerdekaan Republik Indonesia saat itu.

“Sebab perjuangan sang Pattimura, tidak dapat dinilai dengan apapun. Waktu hingga nyawa menjadi taruhannya bersama beberapa rekan kala itu, dalam mengusir penjajah dari tanah Maluku. Oleh sebab itu, sebagai penerus perjuangan Pattimura, harus memberi penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan,” ujarnya.

Ia menambahkan, warga Maluku yang tidak hadir hari, semoga dapat hadir pada kegiatan berikutnya hingga puncak acara nanti. Menurutnya rangkaian kegiatan selanjutnya akan ada bakti sosial di TMP dan Masjid, serta beberapa lomba lainnya.

Sementara itu, anggota DPR kabupaten Manokwari Romer Tapilatu juga mengajak seluruh orang Maluku khususnya kaum muda untuk kembali menyalakan obor Pattimura di tanah Papua, melalui kerja-kerja nyata dalam pembangunan tanah Papua, dan Manokwari secara khusus. Ia mengatakan banyak kontribusi pemikiran yang dahulu telah diberikan oleh orang Maluku, namun seiring waktu berlalu semangat tersebut terkesan melayu.

“Dulu sumbangsih orang Maluku terhadap tanah Papua ini sangat besar, dan kemudian saat ini mulai kendor. Oleh karena itu, pemuda Maluku harus bangkit dan nyalakan obor Pattimura kembali di tanah Papua. Untuk itu, jangan ada cerai berai antara orang Maluku, kalau ada masalah mari kita sama-sama cari solusi,” ungkap Romer

Sebelumnya, Bupati Manokwari, Hermus Indou telah membuka secara resmi seluruh rangkaian kegiatan dalam menyongsong HUT Pattimura ke-204 yang akan berlangsung hingga 15 Mei mendatang di Manokwari dengan menabuh tifa dan melepaskan balon ke udara. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru