BerandaDaerahMubes Biak Papua Barat Akan Digelar untuk Persatukan Orang Biak

Mubes Biak Papua Barat Akan Digelar untuk Persatukan Orang Biak

MANOKWARI, JAGAMELANESIA.COM – Panitia Kerja Musyawarah Besar (Mubes) suku Biak di Provinsi Papua Barat mulai melakukan persiapan untuk menyukseskan agenda tersebut. Seluruh warga Biak di Papua Barat diharapkan bersatu agar agenda mubes berjalan lancar.

Ketua panitia Mubes suku Byak Provinsi Papua Barat tahun 2021, Dr. Filep Wamafma, SH., M.Hum menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencari sosok orang Biak yang cocok dan paham serta dapat mempersatukan suku Biak di kabupaten dan kota se-Provinsi Papua Barat.

“Intinya kami panitia mubes hanya dibentuk untuk menyiapkan segala sesuatu yang akan berkaitan dengan Mubes Byak dan akan segera dipilih menjadi Mananwir suku Byak tingkat Provinsi Papua Barat,” ungkap Filep Wamafma saat rapat panitia mubes Byak, Sabtu (24/4/2021)

Lebih lanjut, Filep menyampaikan bahwa kegiatan mubes Byak ini tidak terdapat kepentingan siapapun dan terlepas dari kepentingan politik manapun. Ia menekankan inti dari mubes tersebut adalah untuk kepentingan suku Biak di Provinsi Papua Barat.

Lebih lanjut, Filep menyatakan bahwa semua kepala suku Biak keret dan kepala suku Biak dari kabupaten dan kota harus diundang dalam rapat lanjutan pada Sabtu pekan depan.

“Jadi ini karena masih Covid-19 sehingga kita membatasi orang dalam rapat saat ini. Namun alternatif lain adalah kita mengundang rapat melalui zoom sehingga orang Biak di kabupaten dan kota harus ikuti agar kita bisa dengar masukan dari daerah. Selain itu, pembentukan mubes ini tidak tertutup namun terbuka kepada semua orang Biak” pesan Filep.

Sementara itu, Mananwir Byak Bar Mnukwar Patrus Makbon, SH berharap Mubes Byak Provinsi Papua Barat berjalan sukses dari awal pembentukan panitia hingga pada puncaknya.

Selanjutnya, Makbon berpesan agar Mubes tidak berakhir dengan kesan yang tidak baik dan memalukan suku besar Biak. Ia berharap mubes membawa suatu hubungan yang mempersatukan orang Biak di Provinsi Papua Barat.

“Mubes ini tidak ada kepentingan apapun, sehingga saya tegaskan bahwa mubes ini harus menghasilkan sesuatu yang baik buat kesukuan kita sendiri,” tegas Makbon.

Mubes Byak Provinsi Papua Barat direncanakan akan berlangsung pada Mei 2021. Sedangkan terkait rencana tanggal pembentukan akan ditetapkan pada rapat selanjutnya agar semua orang Biak di Papua Barat bisa mengetahuinya. (WRP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru