BerandaDaerah27 Putra Terbaik Maluku Utara & Halmahera Barat Lolos Seleksi Calon Tamtama...

27 Putra Terbaik Maluku Utara & Halmahera Barat Lolos Seleksi Calon Tamtama TNI-AD

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Sidang penentuan terakhir Calon Tamtama (Catam) TNI Angkatan Darat (AD) Gelombang I Tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Korem 152/Babullah Ternate, Maluku Utara, pada Sabtu (17/4), telah selesai dilaksanakan dengan meloloskan 169 putra terbaiknya.

Terdapat 27 putra daerah yang berasal dari Kota Ternate dan Halmahera Barat, Maluku Utara, yang lolos seleksi calon Tamtama TNI-AD tahap akhir.

Berdasarkan keterangan rilis yang diterima tim Jagamelanesia.com, pada hari Minggu (18/04/2021), dari sumber Pasi Pers Kodim 1501/Ternate, sebelumnya sebanyak 209 putra daerah asal Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Ternate yang telah mendaftar. Namun setelah melalui tahapan beberapa seleksi pusat, hanya 32 calon yang lolos dan mengikuti sidang penentuan terakhir calon Tamtama TNI-AD.

Dari hasil sidang penentuan terakhir oleh Tim Panitia Pusat Angkatan Darat di Aula Kodam Korem 152/Babullah, akhirnya 27 putra terbaik Kota Ternate dan Halmahera Barat berhasil lolos untuk mengikuti pendidikan calon Tamtama TNI-AD di Resimen Kodam (Rindam) XVI/Pattimura, Suli Ambon.

Dandim 1501/Ternate, Kolonel Inf. R Moch Iskandarmato, S.E, dalam keterangannya menyampaikan bahwa seleksi penerimaan Tamtama TNI-AD tahun ini dinilai cukup ketat dan selektif. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya KKN dan kecurangan. Jika hal itu terjadi maka secara kuantitas maupun kualitas akan berpengaruh langsung bagi pembangunan kekuatan TNI-AD.

“Dalam setiap proses penerimaan calon Tamtama TNI-AD harus direncanakan dengan baik. Setiap tahap seleksi harus dilakukan secara ketat dengan memenuhi persyaratan dan pertimbangan berbagai aspek penting yang berorientasi pada kualitas SDM,” ujarnya.

Iskandarmanto mengatakan, bagi calon Tamtama TNI-AD yang belum berhasil dalam mengikuti seleksi kali ini, jika batas umurnya masih bisa maka akan dibina lagi untuk mengikuti seleksi selanjutnya, baik Calon Tamtama (Catam) Gelombang ke-II maupun Calon Bintara (Caba) pada tahun 2021 ini.

“Kami berharap kepada para generasi muda Ternate dan Halmahera Barat yang akan bergabung sama kami, baik melalui Secata, Secaba, Akmil serta Sepa PK, agar dengan kesadarannya untuk menyiapkan diri, baik jasmani, kesehatan, psikologi, akademik dan aspek lainnya,” ucapnya.

“Kami jajaran Kodim 1501/Ternate dengan senang hati akan membina bagi yang akan mengikuti seleksi, karena kita punya keyakinan apabila sudah disiapkan maka akan mudah diterima. Dalam pembinaan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis karena semata-mata hanya untuk rakyat. Kami tekankan kembali dalam proses penerimaan prajurit baru tidak dipungut biaya sama sekali,” tutupnya. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru