BerandaDaerahPerjuangkan Sofifi Sebagai Kawasan Khusus, Gubernur: Payahe Juga Masuk Kawasan Pembangunan

Perjuangkan Sofifi Sebagai Kawasan Khusus, Gubernur: Payahe Juga Masuk Kawasan Pembangunan

SOFIFI, JAGAMELANESIA.COM – Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, dan Sultan Tidore, Husain Alting Sjah, sepakat untuk memperjuangkan Sofifi sebagai daerah kawasan khusus.

Sultan Tidore, Husain Alting Sjah, saat dikonfirmasi mengenai hasil pertemuannya dengan Gubernur Malut menyampaikan, ada beberapa hal penting yang dibahas salah satunya bagaimana mempercepat pembangunan yang ada di Sofifi dengan menjadikannya sebagai kawasan khusus.

Husain mengatakan, dirinya dan Gubernur Malut mempunyai satu pikiran yang sama yakni Sofifi harus cepat maju dan bisa sejajar dengan kota-kota yang lain.

“Saya dan pak Gubernur sudah sepakat dan akan segera kami tuangkan mengenai kawasan khusus yang didalamnya tidak ada daerah otonom baru, dan itu sudah disampaikan langsung oleh pak Gubernur ke saya dan saya sepakat mengenai hal itu,” kata Husain kepada tim Jagamelanesia.com, Jum’at (16/4).

Husain melanjutkan, untuk membuat Sofifi menjadi lebih dikenal maka mereka harus membuat Sofifi sebagai kawasan penduduk sekaligus sebagai pusat perekonomian dan pemerintahan.

Husain berharap agar kawasan khusus ini jangan sampai terjadi tarik ulur satu sama lain, harus ada kepemimpinan bersama dibawah kendali Gubernur dan DPRD di Provinsi.

“Saya sebagai anggota DPD RI dan juga sebagai Sultan Tidore akan bersama-sama dengan pak Gubernur untuk membantu melakukan fungsi pengawasan, sehingga Sofifi ini benar-benar menjadi daerah kawasan khusus yang pembangunannya bisa berjalan selaras dan cepat,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, menyampaikan terkait dengan pertanyaan apakah kawasan itu cuma di Oba sampai di Gita dan kenapa tidak di Payahe, dirinya mengatakan ke Sultan Tidore bahwa Payahe juga masuk kawasan pembangunan. Secara resmi memang belum, tapi pembangunannya sudah bersentuhan dengan Gita.

Abdul Gani juga memastikan bahwa wilayah Payahe akan dibangun bersama-sama sehingga tidak ada masalah. Yang penting Sultan Tidore juga sudah menyetujuinya.

“Insyaallah hari Selasa saya akan ke Jakarta untuk bertemu dengan Mendagri dan Insyaallah dengan izin pak Sultan Tidore dan Walikota kita akan meresmikan kawasan Sofifi,” ucapnya.

Sekedar untuk diketahui, pertemuan antara Gubernur Maluku Utara dengan Sultan Tidore juga turut didampingi oleh Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Idham Uma Sangadji, Karo Pemerintahan Ali Fataruba, Kaban Keuangan Ahmad Purbaya dan Karo PKKP Rahwan K. Suamba. (As)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru