BerandaDaerahPapua dan Papua Barat Waspada Hujan Lebat dan Banjir Bandang

Papua dan Papua Barat Waspada Hujan Lebat dan Banjir Bandang

JAGAMELANESIA.COM – Provinsi Papua dan Papua Barat perlu mewaspadai adanya hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir bandang maupun longsor pada 9 hingga 10 april mendatang. Informasi tersebut disampaikan oleh update data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG. BMKG memprediksi sebanyak 10 provinsi di Indonesia perlu mewaspadai bahaya bencana tersebut karena adanya intensitas hujan yang tinggi.

Selain provinsi Papua dan Papua Barat, 8 provinsi lainnya antara lain: (1) DKI Jakarta berstatus waspada; (2) Jawa Timur berstatus waspada; (3) Nusa Tenggara Barat berstatus waspada; (4) Kalimantan Utara berstatus waspada (5) Kalimantan Timur berstatus waspada; (6) Nusa Tenggara Timur berstatus waspada; (7) Sulawesi Tenggara berstatus waspada; dan (8) Maluku berstatus waspada. Masyarakat beserta pemerintah daerah di 10 provinsi tersebut diminta waspada terhadap dampak hujan lebat dan mempersiapkan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai upaya pencegahan atau mitigasi bencana.

Selain itu, pihak BMKG juga membantah adanya pendapat yang mengatakan bahwa bencana banjir bandang di NTT merupakan Tsunami. Bencana di NTT menurut BMKG merupakan gelombang tinggi dan hanya merupakan lintasan air laut yang masuk ke darat. BMKG menekankan kembali kepada masyarakat dan pemda setempat untuk dapat melakukan upaya mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak cuaca buruk yang akan terjadi selama dua hari ke depan. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru