BerandaHukumFestival HAM 2021 Akan Digelar di Kota Semarang

Festival HAM 2021 Akan Digelar di Kota Semarang

JAKARTA, JAGAMELANESIA.COM – Komnas HAM RI bersama Kantor Staf Presiden (KSP) dan lntemational NGO Forum on lndonesian Development (lNFlD) telah memutuskan bahwa Festival HAM 2021 akan digelar di Kota Semarang. Sebelumnya pemerintah Kota Semarang telah mengajukkan permohonan untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

Penyelenggaraan Festival HAM bertujuan untuk mempromosikan tata kelola pemerintahan daerah yang menjunjung tinggi pemenuhan terhadap hak-hak asasi manusia (HAM). Agenda tahunan tersebut telah diselenggarakan secara rutin sejak 2014 lalu. Dalam rilis resminya pada Rabu (31/3), Komnas HAM RI beserta dua lembaga tersebut memiliki 3 pertimbangan pertimbangan untuk memutuskan Kota Semarang sebagai tuan rumah Festival HAM 2021. Ketiga pertimbangan tersebut antara lain:

1. Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan rencana aksi secara matang untuk menjadi tuan rumah Festival HAM 2021;

2. Pemerintah Kota semarang telah mengimplementasikan nilai-nilai hak asasr manusia dalam kebijakan dan program pembangunan dan berkomitmen untuk terus memperbaiki perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia dan;

3. Pemerintah Kota semarang telah dipilih oleh open Government partnership (oGP) global sebagai satu dari empat pemerintah daerah di Indonesia sebaqai OGP Local Champion 2021-2025.

Sementara itu, tema yang akan diusung pada Festival HAM tahun ini adalah “Merayakan Kebhinekaan, lnklusi dan Resiliensi”. Tema yang dicetuskan pada diskusi di Balai Kota Semarang tersebut diusung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

“Untuk tema, pandangan saya ke arah akulturasi (keragamanan agama, etnik, dan budaya”. Tema inklusi menegaskan penghormatan hak perempuan, hak penyandang disabilitas, & kelompok rentan lainnya,” ujarnya dalam rilis resmi Komnas HAM (31/3).

Ia berharap penyelenggaraan Festival HAM di Kota Semarang mendatang dapat benar-benar merepresentasikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM yang ada di Kota Semarang khususnya dan berdampak baik bagi daerah-daerah lain pada umumnya. Sementara itu, Festival HAM 2021 akan diselenggarakan di Semarang pada tanggal 16-19 November 2021. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru