BerandaDaerahKelurahan Nantal Manggarai Barat Prioritaskan Pengembangan UMKM

Kelurahan Nantal Manggarai Barat Prioritaskan Pengembangan UMKM

MANGGARAI BARAT, JAGAMELANESIA.COM – Gelar Musrembang, Pemerintah Kelurahan Nantal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, prioritaskan Pengembangan UMKM, Jum’at (26/03).

Prioritas yang dibiayai dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan kelurahan tahun 2022, berupa pelatihan pengembangan UMKM.

Kepala Kelurahan Nantal, Patris Parus, mengatakan, bahwa sarana dan prasarana berupa pembangunan lapisan penetrasi di Dusun Golowelu, juga masuk dalam pembahasan tersebut. Hal ini disampaikan saat giat Musrembang Kelurahan, di Aula Kantor Lurah Nantal, Kamis, 25 Maret 2021 kemarin.

Dilansir Jagamelanesia.com, dari situs resmi Kominfo Mabar, NTT, Patris menambahkan, selain prioritas pengembangan UMKM, usulan pembangunan yang di sampaikan melalui Musrembang Kecamatan Kuwus, untuk tahun 2022 yang telah disepakati yakni, rehabilitasi air bersih di Dusun Satarara, pembangunan telford jalan tani, pengadaan lampu penerangan jalan, pengaspalan jalan di lingkungan Golowelu dan Satarara, serta pembukaan jalan baru di Golowelu.

“Sementara kegiatan yang dilaksanakan melalui swadaya masyarakat pada tahun 2021 antara lain, lanjutan penggalian jalan menuju lokasi wisata Sunsa Durang, pembersihan got pada ruas jalan kabupaten dan lingkungan di Golowelu dan Satarara, penggalian jalan baru di Golowelu, serta pembersihan Taman Pemakaman Umum (TPU) Golowelu,” terangnya.

Sekretaris Camat Kuwus, Gabriel Bagung, SE, yang hadir dalam kegiatan tersebut, meminta kepada peserta musyawarah untuk sama-sama melahirkan gagasan yang manfaatnya nanti akan dirasakan oleh semua masyarakat Kelurahan Nantal.

“Mari kita bangun komunikasi dengan semua stakeholder, baik yang di kabupaten maupun provinsi, sesuai dengan peran kita agar usulan atau perencanan itu bisa terwujud,” ungkap Gabriel Bagung.

Dirinya pun berharap, agar pelaksanaan Musrembang Kelurahan Nantal ini tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19, baik yang sudah di vaksin maupun yang belum di vaksin. Dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Lurah Nantal dan masyarakat Natal, yang selalu taat protokol kesehatan sesuai dengan instruksi pemerintah, sehingga sampai saat ini warga Kelurahan Nantal tidak ada yang terpapar Covid-19,” tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan Musrembang tersebut turut dihadiri oleh Forkopincam Kecamatan Kuwus serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan unsur lainnya. (ST)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru