BerandaKawasan PasifikBerbatasan dengan PNG, Perbatasan Barat Kepulauan Solomon Alami Lonjakan Covid-19

Berbatasan dengan PNG, Perbatasan Barat Kepulauan Solomon Alami Lonjakan Covid-19

KEPULAUAN SOLOMON, JAGAMELANESIA.COM – Wilayah Kepulauan Solomon bagian barat yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG) mengalami lonjakan besar kasus positif Covid-19. Menanggapi kondisi tersebut, otoritas kesehatan di Kepulauan Solomon melaksanakan vaksinasi Covid-19 buatan AstraZeneca untuk beberapa kelompok prioritas.

Menurut Yogesh Choudhri, penasihat senior Kementerian Kesehatan Kepulauan Solomon mengatakan, vaksin Covid-19 akan diberikan kepada para petugas garda depan sebagai kelompok prioritas. Selain itu, negara tetangga sebelah timur PNG itu akan memprioritaskan vaksinasi kepada seluruh populasi orang dewasa.

“Populasi prioritas kami adalah pekerja garis depan, jadi kami mulai mengimunisasi di Honiara yang hampir 7000 orang, kemudian juga karena situasi yang sedang berlangsung di perbatasan Barat,” terang Yogesh dilansir dari RNZ Pasific pada Sabtu (20/3).

Menurut Yogesh, vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Solomon akan dimulai pada Rabu (24/3) pekan depan. Sedangkan hari Jumat (19/3) kemarin ia mengatakan, sebanyak 24.000 dosis pertama vaksin AstraZeneca telah diterima di Honiara. Puluhan ribu dosis vaksin tersebut diperoleh melalui fasilitas Global Covax.

Lebih lanjut, Yogesh mengatakan, Kepulauan Solomon membutuhkan lebih dari 800 ribu dosis vaksin Covid-19 untuk menjangkau kebutuhan seluruh populasi orang dewasa. Sementara itu, pihaknya telah menerima kiriman vaksin dari Tiongkok sebanyak 20.000 dosis pada pekan pertama. Selanjutnya, pihak otoritas Kepulauan Solomon akan terus berkoordinasi terkait penyediaan vaksin Covid-19 di negaranya. (UWR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru