BerandaDaerahIAIN Ternate Gelar Pembekalan Peserta Mahasiswa KKN Tematik

IAIN Ternate Gelar Pembekalan Peserta Mahasiswa KKN Tematik

TERNATE, JAGAMELANESIA.COM – Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ternate merupakan salah satu perguruan tinggi agama, yang cukup dikenal masyarakat Maluku Utara. Perguruan tinggi islam ini juga telah banyak menorehkan prestasi terbaik di kancah lokal maupun nasional, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya generasi lulusan IAIN Ternate yang telah menduduki posisi-posisi penting di negeri ini.

Pada awal tahun 2021, IAIN Ternate telah menyiapkan sebanyak 551 orang mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, yang akan ditempatkan di beberapa Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Persiapan KKN ditandai dengan agenda pembekalan yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN Ternate Dr. H. Samlan H. Ahmad, M. Pd pada Sabtu, 13 Maret 2021 kemarin.

Ketua panitia KKN Tematik IAIN Ternate, Dr. Abd. Rauf Wajo, S.HI.,M.Ag, saat ditemui awak media jagamelanesia.com diruang kerjanya, Minggu (14/03) menyampaikan bahwa KKN sebagai bentuk implementasi program pengabdian kepada masyarakat, sehingga pada tahun 2021 ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ternate, berencana melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan tema “Moderasi Beragama Penguatan Kapasitas Pendidikan Sosial, Budaya, dan Keagamaan”.

Rencana KKN Tematik ini kata Rauf, diawali dengan pembekalan selama tiga hari yakni Sabtu, 13 Maret sampai dengan Senin, 15 Maret 2021 di auditorium IAIN Ternate. Kegiatan tersebut digelar oleh pihak LP2M selaku penanggungjawab atau panitia pelaksana KKN Tematik. Pembekalan pun sudah dilaksanakan sejak kemarin. Sehingga hari ini (14/3) sudah memasuki hari kedua pembekalan tersebut,”terangnya.

“Pembekalan ini di isi dengan beberapa pokok materi sebagai bekal untuk peserta KKN nantinya. Ada pun pemateri yang telah disiapkan oleh pihak panitia, antara lain Dr. Herman Oesman, M.Si, Dr. Adnan Mahmud,MA, Dr. Ansar Tohe, M.Phil.I, Saiful Bahri,S.Psi,.MA, Dr. Sundari,M.PD, dan Dr. Samlan H. Ahmad, M.Pd.

Sementara itu lokasi KKN Tematik pun sudah di survei dan ditetapkan oleh pihak panitia, diantaranya beberapa Kecamatan di Kab. Halmahera Utara, yakni Kec. Galela, Kec. Gelela Utara, Kec. Galela Barat, Kec. Galela Selatan, Kec. Tobelo Utara, dan Kec. Malifut. Sementara untuk peserta KKN yang akan ditempatkan di beberapa Kecamatan tersebut berjumlah kurang lebih dua ratus orang,” ungkapnya.

Selain Hamahera Utara, ada juga sebagian peserta KKN Tematik IAIN Ternate, yang akan ditempatkan di beberapa Kecamatan di Kota Ternate dan juga beberapa Desa binaan IAIN. Desa tersebut antara lain Desa Loleo Kec. Weda Selatan Kab. Halmahera Tengah, Desa Dodinga Kec. Jailo Selatan Kab. Halmahera Barat, Desa Bere-bere Kec. Morotai Utara Kab. Pulau Morotai, dan Desa Tomara Kec. Bacan Timur Tengah Kab. Hamahera Selatan.

Rauf, berharap dengan adanya pelaksanaan KKN Tematik ini, IAIN Ternate dapat berkontribusi terhadap pengembangan masyarakat, khususnya pada lokasi KKN masing-masing. Ia juga berharap mahasiswa mampu membantu pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan potensi sosial, ekonomi, keagamaan, serta kemasyarakatan yang ada di Desa dimana mahasiswa akan melaksanakan KKN Tematik ini. (ST).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru